Contoh Future Wheels

Berikut ini adalah gambaran future wheels sebagai rentetan akibat dari rendah/turunnya suku bunga.

[caption id="attachment_145" align="aligncenter" width="300" caption="null"][/caption]


Seperti yang terlihat diatas, rendahnya suku bunga menimbulkan dampak yang berkepanjangan bagi segi-segi kehidupan lainnya. Berbagai dampak lain muncul dari dampak-dampak primer yang ada, sehingga dapat ditelusuri sampai beberapa dimensi kedepan. Dalam contoh ini, terlihat bahwa dampak ekonomi sangat luas rentetannya. Hal ini dikarenakan kejadian yang dipilih berkaitan erat dengan ekonomi makro sehingga pengaruh ekonominya sangat luas bagi kehidupan masyarakat.



Dari denah future wheels diatas, ada beberapa dampak lainnya yang berada didalam dampak ekonomi dan sosial, namun tidak dirinci karena banyak yang saling bersinggungan, diantaranya yaitu :
a. Dampak kesejahteraan masyarakat, diantaranya usaha baru bermunculan, pengangguran berkurang, kriminalitas berkurang, pembangunan merata, dan transportasi makin mudah.
b. Dampak lingkungan yaitu polusi, kemacetan, dan kecelakaan.
c. Dampak budaya, diantaranya menimbulkan konsumerisme

Dalam future wheels, bisa terjadi dampak-dampak yang saling bertolak belakang. Seperti yang terlihat pada gambar kami di atas, disatu sisi mengakibatkan tingkat pembelian kendaraan bermotor meningkat (kredit mudah), namun di sisi lain mengakibatkan daya beli masyarakat rendah (inflasi). Namun bisa saja peningkatan kuantitas pembelian kendaraan itu sendiri dipicu oleh sistem kredit yang sedang marak terjadi sebagai akibat dari daya beli masyarakat yang rendah. Jadi, diantara berbagai dampak diatas ada beberapa yang memiliki hubungan secara langsung maupun tidak langsung.

Dari contoh dan pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa future wheels penting untuk dipelajari agar kita bisa memperhitungkan apa yang akan terjadi dalam beberapa dimensi waktu kedepan sebagai akibat dari kejadian / trend yang ada saat ini. Karena satu peristiwa saja dapat mempengaruhi begitu banyak segi kehidupan, kita harus mampu menganalisisnya untuk mengetahui peluang dan ancaman yang ada dimasa depan.